Harga dan Spesifikasi Kamera Canon 1200D Terbaru 2018

by Nanda dc April 1, 2018 at 12:39 am

Spesifikasi Canon 1200D – Canon  merupakan salah satu produsen kamera yang namanya sudah tidak asing lagi di pasaran. Ada beragam jenis kamera yang diproduksi oleh canon dengan berbagai macam keunggulan dan juga spesifikasi yang berbeda-beda.

Kamera produksi dari Canon sendiri memiliki pasaran yang sangatlah besar baik itu di dunia ataupun di Indonesia. Salah satu kamera yang diproduksi oleh Canon yang begitu diminati di pasaran adalah kamera Canon dengan spesifikasi EOS 1200D.

Canon EOS 1200D ini adalah salah satu seri kamera yang diproduksi oleh Canon berjenis kamera DSLR. Kamera ini termasuk ke dalam seri kamera 4 digit yang memiliki keunggulan dan juga spesifikasi yang sangat menunjang bagi para penggunanya terutama untuk para pemula.

Harga yang disematkan untuk mendapatkan kamera Canon EOS 1200D ini juga sangatlah terjangkau. Tentu saja kualitas dari kamera ini dapat dikatakan oke untuk jenis kamera yang bersaing di pasaran sekelasnya.

Spesifikasi Canon 1200D

Spesifikasi Canon 1200D
Spesifikasi Canon 1200D

Berikut merupakan review spesifikasi kamera Canon EOS 1200D beserta harga terbarunya yang lengkap dan detail untuk anda:

Resolusi Kamera Canon EOS 1200D

Salah satu keunggulan spesifikasi canon 1200d adalah bahwa kamera yang satu ini telah dibekali dengan resolusi kamera yang memiliki ukuran 18MP. Resolusi 18MP yang disematkan pada Canon 1200D ini telah dibekali dengan rentang ISO yang sangatlah tinggi yakni sebesar 100 sampai dengan 6400.

Rentang tinggi pada segi ISO ini akan memungkinkan bagi para penggunanya untuk mengambil gambar dengan kondisi cahaya yang sangatlah minim.

Untuk para pemula, salah satu kecanggihan dari Canon 1200D yang akan memberikan kemudahan untuk penggunaannya adalah bahwa di dalam kamera ini telah dibekali degan EOS Companion yang akan lebih memudahkan para pengguna dalam menemukan berbagai macam fakta menarik di dalam dunia fotografi.

Selain itu, Canon 1200D ini akan mampu menghasilkan kualitas gambar yang amat sangat jernih. Kejernihan gambar yang dihasilkan oleh Canon 1200D berkat disematkannya lensa kit bertipe EF-S18-55 IS II.

Easy to Use

Selain itu juga, Canon EOS 1200D ini sangatlah mudah untuk digunakan oleh siapa saja. Dan salah satu kemudahan yang akan didapatkan oleh pengguna kamera ini adalah dengan adanya Scene Cerdas auto mode dimana Scene Cerdas yang satu ini akan dapat memberikan penyesuaian otomatis terhadap pengaturan optimalnya.

Baterai Kamera Canon EOS 1200D

Keunggulan lain dari kamera produk dari Canon ini adalah dapat digunakan untuk mengambil gambar hingga mencapai 850 file dengan sekali pengisian daya baterai secara penuh.

Daya baterai yang dipasang di dalam Canon EOS 1200D ini pun juga akan memberikan kepuasan terhadap penggunanya. Pasalnya, Canon EOS 1200D telah menggunakan tipe baterai Li-ion yang terkenal awet dan tentunya dapat diisi ulang setelah kehabisan daya atau setelah digunakan.

Mode Continuous-Speed Kamera Canon EOS 1200D

Kecanggihan dari segi spesifikasi canon 1200d lainnya adalah adanya mode continuous-speed yang dapat digunakan untuk mengambil gambar yang ditargetkan dengan menggunakan kecepatan 3 frame per detiknya.

Performa Kamera Canon EOS 1200D

Untuk memberikan kinerja yang sangat mutakhir, kamera Canon 1200D ini juga telah dibekali dengan prosesor yang memiliki kemampuan DIGIC 4 dengan tambahan sensor bertipe APS-C CMOS berukuran 18 MP.

Dari segi ISO seperti yang telah disebutkan di atas, Canon EOS 1200D ini juga dapat ditingkatkan lagi dari ISO maksimalnya 6400 menjadi lebih tinggi hingga mencapai 12.800. Hal ini tentu saja akan memberikan kejernihan kualitas gambar yang dihasilkan oleh jepretan kamera yang satu ini meski dalam keadaan sangat minim cahaya.

Spesifikasi canon 1200d yang sangatlah unggul dibandingkan dengan jenis kamera sekelasnya yang lain yang berada di pasaran adalah kamera yang satu ini telah mendukung dan diikutsertakan 9 titik autofocus mode, dimana dengan kesembilan titik ini akan memudahkan siapapun terutama bagi para pemula untuk mengambil gambar dengan tingkat keakuratan begitu juga kecepatan yang sangat maksimal.

Selain itu juga mode 9 titik autofocus yang menjadi spesifikasi canon 1200d ini juga dapat digunakan untuk mengambil gambar dalam kondisi bergerak sekalipun.

Ditambah dengan mode Al Servo AF yang telah ditanamkan pada kamera ini, akan lebih memberikan kemudahan dalam proses pengambilan gambar yang dilakukan oleh siapapun. Mode Al Servo AF ini juga akan memberikan dukungan berupa memprediksi gambar yang ditargetkan saat melakukan sesi pemotretan.

Desain Body Kamera Canon EOS 1200D

Desain Body Kamera Canon EOS 1200D
Desain Body Kamera Canon EOS 1200D

Dari segi desain body luar dari Canon EOS 1200D ini masih sama dengan kamera berjenis DSLR yang lainnya. Membawa desain yang sangat kompak dan juga ergonomis tentu akan memberikan dukungan kenyamanan terhadap para penggunanya saat menggunakan kamera yang satu ini untuk melakukan sesi fotografi.

Dari segi layar pun, kamera buatan Canon ini telah dibekali dengan layar yang memiliki ukuran 3 inchi yang akan memudahkan siapapun untuk melihat gambar dan mencari angle yang tepat saaat melakukan sesi pemotretan.

Keunggulan spesifikasi canon 1200d yang lainnya dapat diliihat dari segi performa kamera ini untuk digunakan. Kamera yang telah dibekali dengan prosesor gambar bertipe DIGIC 4 ini tentu saja akan lebih memudahkan dan mempercepat para penggunanya untuk melakukan olah data.

Para pengguna Canon EOS 1200D ini juga dapat menggunakan fitur tambahan lainnya seperti salah satunya adalah fitur auto blur. Fitur auto blur ini dapat digunakan oleh para pengguna untuk mengambil suatu objek dan menyamarkan objek lainnya yang berada disekitar objek tersebut tanpa susah payah mensetting.

Fitur-fitur lainnya seperti Grainy Black and White, Toy Camera dan berbagai jenis fitur tambahan lainnya akan dapat digunakan oleh para pengguna kamera yang satu ini untuk bisa mendapatkan dan menghasilkan gambar-gambar yang sangatlah unik berbeda dengan gambar yang lain secara otomatis.

Kamera terbitan Canon yang satu ini memiliki dimensi ukuran 129,6 x 99,7 x 77,9mm dengan berat 480gr. Cukup simple dan ringan untuk digunakan oleh siapa saja sehingga memberikan kesan yang sangatlah nyaman saat digunakan.

Sensor Kamera Canon EOS 1200D

Selanjutnya dari segi sensor, Canon EOS 1200D ini telah dibekali dengan jenis sensor andalan yang dapat disebut dengan nama APS-C CMOS 18MP dengan ukuran total 22,3 x 14,9 mm.

Sensor yang dipasang daalam kamera Canon EOS 1200D ini akan memberikan dukungan pengambilan gambar yang mumpuni dalam kondisi minim cahaya atau banyak cahaya.

Kualitas Gambar dan Video Kamera Canon EOS 1200D

Hasil jepretan yang dilakukan dengan menggunakan kamera Canon EOS 1200D yang satu ini adalah berupa gambar bekualitas full HD yang sangat fokus dengan berbagai macam fitur tambahan dimana nantinya gambar gambar hasil jepretan tersebut akan mampu dicetak dengan hasil cetakan sampai sebesar kertas berukuran A2.

Untuk para pengguna yang ingin menggunakan kamera yang satu ini dalam proses perekaman video, maka akan dapat melakukan perekaman video hingga kualitas 1920 x 1080 atau full HD penuh dengan tingkat kecepatan tertinggi adalah 30p.

Spesifikasi Kamera DSLR Canon EOS 1200D

Untuk lebih jelasnya, berikut DuaTekno bagikan spesifikasi kamera DSLR Canon EOS 1200D dalam bentuk tabel:

Tipe Digital, refleks lensa tunggal, kamera AF/AE dengan blitz internal
Media perekaman Kartu memori SD, kartu memori SDHC, kartu memori SDXC
Ukuran sensor gambar Sekitar 22.3 x 14.9mm
Lensa yang kompatibel Lensa Canon EF (termasuk lensa EF-S)
* Diluar lensa EF-M
(35mm-setara dengan panjang fokus sekitar 1.6 kali panjang fokus lensa)
Dudukan lensa Dudukan Canon EF
Sensor Gambar  
Tipe Sensor CMOS
Piksel efektif Sekitar 18.0 megapiksel
Rasio aspek 3:2
Fitur penghapusan debu Penambahan data penghapusan debu, Pembersihan manual
Sistem Perekaman  
Format perekaman Aturan desain untuk Sistem File Kamera (DCF) 2.0
Tipe gambar JPEG, RAW (14-bit Canon asli) dapat merekam RAW+JPEG secara bersamaan
Piksel Perekaman L (Besar): Sekitar 17.9 megapiksel (5184 x 3456)
M (Medium): Sekitar 8.0 megapiksel (3456 x 2304)
S1 (Kecil 1): Sekitar 4.5 megapiksel (2592 x 1728)
S2 (Kecil 2): Sekitar 2.5 megapiksel (1920 x 1280)
S3 (Kecil 3): Sekitar 350,000 piksel (720 x 480)
RAW: Sekitar 17.9 megapiksel (5184 x 3456)
Membuat / memilih folder Dimungkinkan
Penomoran file Bersambungan, Reset otomatis, Reset manual
Pemrosesan Gambar Selama Pemotretan  
Picture style Otomatis, Standar, Potret, Lanskap, Netral, Warna sebenarnya, Monokrom, Ditetapkan Pengguna 1 – 3
Dasar+ Pemotretan berdasarkan suasana, Pemotretan berdasarkan cahaya/pemandangan
White balance Otomatis, Prasetel (Siang hari, Bayangan, Berawan, Cahaya tungsten, Cahaya fluoresens, Blitz),
Koreksi white balance kustom, dan Bracketing white balance dimungkinkan
* Transmisi informasi temperatur warna blitz diaktifkan
Pengurangan noise Dapat diterapkan untuk eksposur lama dan pemotretan ISO kecepatan tinggi
Koreksi kecerahan gambar otomatis Pengoptimasi Pencahayaan Auto
Prioritas nada warna tersorot Disediakan
Koreksi penerangan bagian tepi Disediakan
Jendela Bidik  
Tipe Eye-level pentamirror
Cakupan Vertikal / Horizontal sekitar 95% (dengan Eye point sekitar 21mm)
Perbesaran Sekitar 0.8x (-1m-1 dengan lensa 50mm pada pandangan yang tidak terbatas)
Eyepoint Sekitar 21mm (dari pusat lensa eyepiece pada -1m-1)
Penyesuaian dioptri internal Sekitar -2.5 – +0.5m-1 (dpt)
Layar pemfokusan Tetap, Presisi Matte
Cermin Tipe Quick-return
Pratinjau kedalaman ruang Dimungkinkan dengan pengaturan Fungsi Kustom
Fokus otomatis  
Tipe TTL secondary image-registration, tahap deteksi
Titik AF 9 titik (AF tipe silang sensitif terhadap f/5.6 dengan titik AF tengah)
Rentang kecerahan pemfokusan EV 0-18 (Titik AF tengah)
EV 1-18 (Titik AF yang lain )
(Dengan AF Satu Pemotretan, pada temperatur ruangan, ISO 100)
Pengoperasian AF AF Satu Pemotretan, AF AI Servo, AF AI Fokus
Sinar bantu AF Serangkaian kecil blitz dipancarkan oleh blitz internal
Kontrol Eksposur  
Mode pengukuran 63 zona TTL pengukuran apertur penuh

  • Pengukuran evaluatif (dihubungkan ke seluruh titik AF)
  • Pengukuran sebagian (sekitar 10% dari pusat jendela bidik)
  • Pengukuran ruang tengah
Rentang pengukuran kecerahan EV 1 – 20 (pada suhu ruang, ISO 100)
Kontrol eksposur Program AE (Suasana Inteligen Otomatis, Blitz Mati, Kreatif Auto, Potret, Lanskap, Jarak dekat, Olahraga, Potret Malam, Program), AE Prioritas rana, AE Prioritas apertur, Eksposur manual
Kecepatan ISO
(Indeks eksposur yang direkomendasikan)
Mode Zona Dasar*: ISO 100 – ISO 3200 diatur secara otomatis
* Potret: ISO 100
Mode Zona Kreatif: ISO 100 – ISO 6400 ditetapkan secara manual (peningkatan whole-stop), ISO 100 – ISO 6400 diatur secara otomatis, kecepatan ISO maksimum dapat diatur untuk ISO Otomatis, atau dapat dikembangkan ke “H” (setara dengan ISO 12800)
Kompensasi eksposur Manual: ±5 stop pada peningkatan 1/3- atau 1/2-stop
AEB: ±2 stop dalam peningkatan 1/3- atau 1/2-stop (Dapat digabungkan dengan kompensasi eksposur manual)
Kunci AE Auto: Diterapkan pada mode AF Satu Pemotretan dengan pengukuran evaluatif ketika fokus diperoleh
Manual: Dengan tombol kunci AE
Rana  
Tipe Dikontrol secara elektronik, rana bidang fokus
Kecepatan rana 1/4000 detik hingga 30 detik (Jumlah rentang kecepatan rana.
Rentang yang tersedia bervariasi tergantung pada mode pemotretan.), Bulb, X-sync pada 1/200 detik.
Blitz  
Blitz internal Blitz yang dapat ditarik dan otomatis muncul
No. Panduan: Dengan sekitar 9.2 / 30.2 (ISO 100, dalam meter / kaki) atau
Dengan sekitar 13 / 42.7 (ISO 200, dalam meter / kaki)
Cakupan blitz: Sekitar 17mm sudut pandang lensa
Waktu mengisi daya ulang sekitar 2 detik
Blitz eksternal Speedlite seri EX
Pengukuran blitz E-TTL II blitz otomatis
Kompensasi eksposur blitz ±2 stop pada peningkatan 1/3- atau 1/2-stop
Kunci FE Disediakan
Terminal PC Tidak Ada
Sistem Drive  
Mode Drive Pemotretan tunggal, Pemotretan beruntun, Self-timer dengan penundaan 10 detik atau 2 detik dan penundaan 10 detik dengan pemotretan beruntun
Kecepatan pemotretan beruntun Maks. sekitar 3.0 pemotretan/detik
Jumlah maksimum pemotretan beruntun (Perkiraan) JPEG Besar / Baik: 69 pemotretan
RAW: 6 pemotretan
RAW+JPEG Besar / Baik: 4 pemotretan
* Angka adalah berdasarkan pengujian kartu Canon 8 GB dan standar pengujian (ISO 100 dan Picture Style Standar).
Pemotretan Live View  
Rasio aspek 3:2, 4:3, 16:9, 1:1
Metode pemfokusan Deteksi kontras (FlexiZone-Tunggal, mode live Deteksi wajah), Deteksi tahap berbeda (mode Cepat)
Fokus manual (sekitar 5x / 10x perbesaran dimungkinkan)
Rentang kecerahan pemfokusan EV 1 – 18 (pada suhu ruang, ISO 100)
Mode pengukuran Pengukuran waktu asli dengan sensor gambar
Rentang pengukuran kecerahan EV 0 – 20 (pada suhu ruang, ISO 100)
Tampilan garis pandu Dua tipe
Perekaman Film  
Format perekaman MOV
Film MPEG-4 AVC / H.264
Variabel (rata-rata) kecepatan bit
Audio PCM Linear
Ukuran perekaman dan kecepatan frame 1920 x 1080 (HD Penuh): 30p / 25p / 24p
1280 x 720 (HD): 60p / 50p
640 x 480 (SD): 30p / 25p
* 30p: 29.97fps, 25p: 25.00fps, 24p: 23.98fps, 60p: 59.94fps, 50p: 50.00fps
Ukuran file 1920 x 1080 (30p / 25p / 24p): Sekitar 330MB/menit
1280 x 720 (60p / 50p): Sekitar 330MB/menit
640 x 480 (30p / 25p) : Sekitar 82.5MB/menit
Pemfokusan Sama seperti pemfokusan dengan pemotretan Live View
Mode pengukuran Pengukuran ruang tengah dan mengevaluasi pengukuran dengan sensor gambar
* Diatur secara otomatis oleh fungsi mode
Rentang pengukuran kecerahan EV 0 – 20 (pada suhu ruang, ISO 100)
Kontrol eksposur Eksposur otomatis dan eksposur manual
Kompensasi eksposur ±3 stop pada peningkatan 1/3-stop (Foto: ±5 stop)
Kecepatan ISO:
(Indeks eksposur yang direkomendasikan)
Dengan pemotretan eksposur otomatis: ISO 100 – ISO 6400 diatur secara otomatis (ISO 100 – ISO 3200 untuk Pemotretan foto)
Dengan eksposur manual: ISO 100 – ISO 6400 diatur secara otomatis / secara manual
Video Snapshot Dapat diatur ke 2 detik / 4 detik / 8 detik
Perekaman suara Mikrofon mono internal
Level perekaman suara dapat disesuaikan, filter suara angin tersedia
Tampilan garis pandu Dua tipe
Pemotretan foto Dimungkinkan
Monitor LCD  
Tipe Monitor TFT kristal cair warna
Ukuran dan titik monitor Sekitar 7,5cm (3,0 inci) (4:3) dengan sekitar 460,000 titik
Penyesuaian kecerahan Manual (7 level)
Bahasa antarmuka 25
Panduan fitur Dapat ditampilkan
Playback  
Format tampilan gambar Info dasar, info dasar + kualitas gambar / nomor playback, tampilan info. pemotretan, histogram, indeks gambar (4/9)
Perbesaran zoom Sekitar 1.5x – 10x
Pemberitahuan sorotan Area eksposur berlebih yang tersorot berkedip
Metode penelusuran gambar Gambar tunggal, loncat 10 atau 100 gambar, berdasarkan tanggal pemotretan, berdasarkan folder, berdasarkan film, berdasarkan foto, berdasarkan peringkat
Rotasi gambar Dimungkinkan
Peringkat Disediakan
Playback film Dimungkinkan (Monitor LCD, HDMI OUT)
Speaker internal
Proteksi gambar Dimungkinkan
Slide show Semua gambar, berdasarkan tanggal, berdasarkan folder, berdasarkan film, berdasarkan foto, berdasarkan peringkat
Lima efek transisi dapat dipilih
Musik latar belakang Dapat dipilih untuk slide show dan playback film
Pemrosesan Gambar Lebih Lanjut  
Penyaring kreatif Hitam/Putih berbintik, Fokus halus, Efek mata-ikan, Efek kamera mainan, Efek miniatur
Ubah ukuran Dimungkinkan
Cetak Langsung  
Printer yang kompatibel Printer yang kompatibel dengan PictBridge
Gambar yang dapat dicetak Gambar JPEG and RAW
Pesanan cetak Kompatibel dengan DPOF Versi 1.1
Fungsi Kustom  
Fungsi kustom 11
Registrasi Menu Saya Dimungkinkan
Informasi hak cipta Entri dan pencantuman diaktifkan
Antarmuka  
Terminal Digital Komunikasi komputer, Cetak langsung (setara dengan Kecepatan Tinggi USB), koneksi Penerima GPS GP-E2
Terminal OUT HDMI mini Tipe C (Pengalihan otomatis resolusi), kompatibel dengan CEC
Terminal remote control Untuk Remote Switch RS-60E3
Kartu Eye-Fi Kompatibel
Daya  
Baterai Baterai LP-E10 (Kuantitas 1)
* Daya AC dapat disuplai melalui AC Adapter Kit ACK-E10
Jumlah pemotretan yang dimungkinkan
(Berdasarkan standar pengujian CIPA) Dengan pemotretan jendela bidik: Sekitar 500 pemotretan pada suhu ruang (23°C / 73°F)
sekitar 410 pemotretan pada suhu rendah (0°C / 32°F)
Dengan pemotretan Live View: Sekitar 180 pemotretan pada suhu ruang (23°C / 73°F)
sekitar 170 pemotretan pada suhu rendah (0°C / 32°F)
Waktu perekaman film Sekitar 1 jam 15 menit pada suhu ruang (23°C / 73°F)
Sekitar 1 jam 10 menit pada suhu (0°C / 32°F)
(dengan Baterai LP-E10 yang terisi daya penuh)
Dimensi dan Berat  
Dimensi (W x H x D) Sekitar 129.6 x 99.7 x 77.9mm / 5.10 x 3.93 x 3.07 inci
Berat Sekitar 480g / 16.93oz. (Panduan CIPA),
Sekitar 435g / 15.34oz. (Bodi saja)
Lingkungan Pengoperasian  
Bekerja di rentang suhu 0°C – 40°C / 32°F – 104°F
Bekerja pada kelembapan 85% atau kurang
Baterai LP-E10  
Tipe Baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang
Tegangan terhitung 7.4V DC
Kapasitas baterai 860 mAh
Bekerja di rentang suhu Waktu pengisian: 6°C – 40°C / 43°F – 104°F
Waktu pemotretan: 0°C – 40°C / 32°F – 104°F
Bekerja pada kelembapan 85% atau kurang
Dimensi (W x H x D) Sekitar 36.2 x 14.7 x 49.0mm / 1.4 x 0.6 x 1.9 inci
Berat Sekitar 45g / 1.6oz.
Pengisi Daya Baterai LC-E10  
Baterai yang kompatibel Baterai LP-E10
Waktu Pengisian Ulang Sekitar 2 jam (pada suhu 23°C / 73°F)
Input terhitung 100 – 240V AC (50 / 60Hz)
Output terhitung 8,3V DC / 580 mA
Bekerja di rentang suhu 6°C – 40°C / 43°F – 104°F
Bekerja pada kelembapan 85% atau kurang
Dimensi (W x H x D) Sekitar 67.0 x 30.5 x 87.5mm / 2.6 x 1.2 x 3.4 inci
Berat Sekitar 85g / 3.0oz.
Pengisi Daya Baterai LC-E10E  
Baterai yang kompatibel Baterai LP-E10
Panjang kabel daya Sekitar 1m / 3.3 kaki
Waktu Pengisian Ulang Sekitar 2 jam (pada suhu 23°C / 73°F)
Input terhitung 100 – 240V AC (50 / 60Hz)
Output terhitung 8.3V DC / 580 mA
Bekerja di rentang suhu 6°C – 40°C / 43°F – 104°F
Bekerja pada kelembapan 85% atau kurang
Dimensi (W x H x D): Sekitar 67.0 x 30.5 x 87.5mm / 2.6 x 1.2 x 3.4 inci
Berat Sekitar 82g / 2.9oz. (tidak termasuk kabel daya)

Harga Kamera Canon 1200D

Harga yang dibanderol untuk mendapatkan kamera Canon jenis yang satu ini juga sangatlah murah atau relative terjangkau, yakni Rp. 4.199.000;.

Bagaimana, anda sudah tidak sabar lagi ingin memiliki kamera super canggih yang satu ini? Demikianlah ulasan seputar harga dan spesifikasi canon 1200D yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Harga Terbaru & Spesifikasi Kamera Canon 600D Lengkap!

Add Comment